RSS

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

PHP - Print Preview atau Cetak Halaman Web Dengan Mudah




Baiklah gan, kali ini saya akan mencoba membahas tentang php cara print, preview atau cetak halaman pada website. Sebenarnya banyak cara supaya bagaimana suatu halaman yang kita pilih atau tentukan dapat kita print sekaligus tanpa harus menulis ulang pada microsoft office atupun yang lainya, mungkin kebanyakan script php yang kita temui selama ini biasanya agar halaman web itu bisa rapih dan bagus ketika dicetak, developer web biasanya meng export halaman tersebut ke excel, word dan bahkan pdf, ini agar halaman tersebut bisa dimodifikasi ulang dan tampilan yang di export hasilnya lebih rapih dari tampilan pada web aslinya.

Namun disini saya akan memberikan sedikit tips agar tampilan yang diprint atau dicetak bisa lebih rapih

dari tampilan yang ada di web tanpa harus meng export halaman tersebut ke excel, word ataupun pdf, walaupun mungkin dari anda semua sudah banyak yang tahu cara ini, tapi setidaknya ini akan membantu bagi anda yang masih baru di dunia web / php.

Disini tentunya kita akan membutuhkan beberapa file, file yang pertama kita buat untuk halaman utama yang akan ditampilkan yang nantinya bisa di preview dan bisa langsung dicetak. Sebagai contoh tampilan utama bisa dilihat pada contoh demo disini. File yang kedua kita buat untuk halaman profile, contoh script nya bisa dilihat pada demo juga.

Pada file profile untuk tombol print nya, silahkan masukan script berikut pada halaman profile anda, seperti yang sudah saya contohkan pada demo diatas.



dan masukan juga script berikut masih pada halaman profile anda :

$idRS = $_GET['id'];
$sql = "select * from data_user where id='$idRS'";
$result = mysql_query($sql);
$row = mysql_fetch_array($result);



Pada contoh demo diatas, ketika kita klik tombol print pada halaman profile anda, maka akan diarahkan ke file baru dan sekaligus menampilkan window printer nya, dan anggap saja kita beri nama file preview ini dengan nama preview.php dan tentunya ini hanya menampilkan preview per id yang kita klik saja. pada file preview.php silahkan sisipkan script ini diantara tag :



jika ingin script lengkapnya, silahkan download disini

Sampai tahap ini, kini halaman web kita sudah bisa di print sesuai dengan halaman yang diinginkan. namun perlu anda ketahui, ketika print dilakukan, masih tercetak pada kertas yang di print title dan halaman kertas bawaan dari mozilla, dan untuk menghilangkanya, silahkan klik menu File yang ada pada mozilla anda, lalu pilih Page Setup,maka akan tampil jendela seperti gambar dibawah, untuk cara setinganya bisa dilihat pada contoh gambar berikut :





Sampi tahap ini, kini halaman anda sudah bisa dicetak dengan rapih.

Ok gan sekian dulu tutorial php kali ini, nantikan tutorial2 atau pembahasan2 php selanjutnya.

See you All next time.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar